Wanasuta x CAZH : Wisata Desa, Semua Beres!

Hari ini saya bersama mas Arif, memenuhi undangan KUPS Wanasuta Desa Dermaji. Mengikuti rapat persiapan manajemen wisata alam Wanasuta, yang dilaksanakan di Pendopo Dharmokusumo, Desa Dermaji mulai pukul 9.30-12.00 WIB. Hadir pula dalam rapat ini Kepala Desa Dermaji, para Manajer KUPS Wanasuta, Perwakilan Karyawan KUPS Wanasuta serta sempat disaksikan Bhabinkamtibmas.

Acara berlangsung sangat santai. Dibuka dengan pengantar oleh Manajer Utama KUPS Wanasuta, Haryoto. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi seputar kebutuhan sistem informasi pendukung manajemen wisata alam, mulai dari kasir, admin, hingga manajemen.

“Wisata alam Wanasuta ini dibangun di atas lahan Perhutani, maka pembagian keuntungan juga dibagi antara KUPS Wanasuta dan Perhutani dengan prosentase 70:30. Selain itu, pembangunan kembali wisata alam Wanasuta ini juga dibiayai oleh investasi warga Dermaji, sejumlah 57 investor, kami berharap sistem atau aplikasi yang kami gunakan nanti dapat membuat semua laporan ini dengan otomatis” ujar Haryoto, dalam sambutan pengantarnya.

Setelah itu, secara bergantian, Manajemen KUPS Wanasuta yang lain juga menyampaikan harapan dan kebutuhan sistem pencatatan mereka. Manajer SDM misalnya menyampaikan pentingnya sistem yang terintegrasi, baik pencatatan keuangan dari loket maupun parkir. Parkir ini menjadi hal yang sensitif, bila ada masalah, pengunjung harus bisa dilayani oleh Manajemen Wanasuta.

“Setelah melihat struktur dan aktivitas manejeman Wanasuta, kami dari CAZH sudah dapat memenuhi untuk kebutuhan sistem transaksi di loket masuk maupun wahana wisata dengan aplikasi CAZH POS, kemudian staf admin di bawah manajer keuangan dapat memantau melalui dashboard admin. Untuk pembagian hasil usaha dari omset dan keuntungan, akan kami kembangkan dashboard khusus” ujar Arif Mahfudin, CEO PT. Cazh Teknologi Inovasi.

Diskusi diakhiri dengan kesepakatan untuk proses pengembangan aplikasi dilakukan pada bulan Februari 2021, sedangkan proses ujicoba implementasi pada Maret 2021. Diharapkan Manajemen Wanasuta telah mendapatkan karyawan sebagai petugas kasir di loket serta staf admin keuangan maksimal pertengahan Maret 2021, sehingga bisa langsung dilakukan training dan implementasi sistem secara maksimal.

Semoga dengan pemanfaatan sistem manajemen keuangan yang dikembangkan CAZH, wisata alam Wanasuta, juga berbagai wisata alam milik Desa lainnya dapat terbantu lebih efisien dan transparan. Wisata alam Wanasuta di Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir diperkirakan akan dibuka kembali untuk umum pada April 2021. Semoga lancar.