Sekolah Desa Membangun ke-3, Persiapan Perangkat Desa Sambut UU Desa

Setelah disahkan pada awal 2014, UU Desa memasuki babak baru. Kini perangkat desa banyak disibukkan dengan berbagai persiapan untuk implementasi UU Desa agar berjalan sebagaimana yang dicita-citakan ketika perjuangan UU Desa berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

Saya dan teman-teman di Rumah Desa Indonesia, bagian dari Gerakan Desa Membangun, memfasilitasi Sekolah Desa Membangun ke-3, dimana agenda utamanya adalah pelatihan perangkat desa mengenali beberapa hal penting dalam UU Desa yang harus segera disiapkan.

Implementasi UU Desa memang kemungkinan baru efektif mulai tahun 2015, tetapi beberapa hal penting seperti pemahaman tata kelola pemerintahan baru, kedudukan Pemdes, BPD, lembaga-lembaga kemasyarakatan hingga bagaimana keuangan direncanakan, dianggarkan dan dilaporkan serta beberapa isu terkait tugas dan fungsi perangkat desa.

Saya senang bisa ikut terlibat memfasilitas acara ini. Ini bukan sekali dua kali, tetapi membutuhkan waktu yang lama agar para perangkat desa memahami UU Desa secara utuh, sehingga jika diimplementasikan kelak, tidak lagi gagap dan bingung. Semoga.