Pandemi Berpengaruh Pada APBDesa Perubahan 2020

Setidaknya itu yang terlihat pada APBDesa Pangebatan, perubahan 2020. Pandemi Covid19 yang melanda seluru dunia, sejak awal tahun 2020, membuat kebijakan pemerintah Indonesia berubah. Pemerintah pusat melalui Kemensos RI, mengalokasikan anggaran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bansos sembako. Bantuan ini disalurkan kepada masyarakat miskin terdampak pandemi yang belum menerima program PKH serta program bantuan sejenis dari Pemerintah Daerah.

APBDesa Perubahan 2020, Pangebatan

Di desa, alokasi bidang penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak tiba-tiba menjadi melonjak, untuk disalurkan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Baliho APBDesa dipajang di tepi jalan desa Pangebatan, Kec. Karanglewas, Banyumas

Untuk menjaga transparansi, Pemerintah Desa berinisiatif mempublikasikan APBDesa perubahan 2020 dalam bentuk baliho dan poster infografik di berbagai sudut desa. Seperti terlihat di Pangebatan, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas. Sejak November 2020, Pemdes setempat memasang baliho APBDesa Perubahan 2020 di tepi jalan, depan Kantor Desa agar dapat dibaca publik dengan bebas.