Ngobrol Dengan Netizen Serang, Banten

SERANG – Mewakili pengurus pusat Relawan TIK Indonesia, saya diundang ke acara Ngobrol Netizen Gerakan Nasional Revolusi Mental – Kemenko PMK yang kali ini diselenggarakan di Serang, Banten. Bersama dengan kang Aji Panjalu yang kini menjadi Aji Bogor ^_^

Dalam kesempatan mengisi materi literasi digital, saya menyampaikan bahwa teknologi digital adalah alat untuk kita memilah, mau digunakan untuk apa, bukan sebaliknya, menjadi tujuan untuk dimiliki dan dipamerkan.

Saya mencontohkan, warga Kanekes, Baduy, yang menggunakan website desa, serta media sosial mereka untuk memberitakan kondisi desa dan menawarkan berbagai produk andalan mereka. Langsung dari kanekes, mereka posting di sosmed dan bisa diorder, ini bentuk pemanfaatan teknologi yang membukakan akses tanpa batas bagi siapa saja.

Tujuannya sederhana, agar warga Kanekes, tak perlu jalan kaki berkilometer hanya untuk jualan produk mereka. Bukan sebaliknya, seperti yang banyak dilakukan oleh netizen perkotaan, mereka kebanyakan hanya memamerkan gadget dan outfit, bukan karya dan produk yang berguna.

Diakhir sesi, saya buka tanya jawab dan direspons antusias oleh banyak sekali peserta. Mereka adalah para pengurus OSIS dan perwakilan sekolah yang dipilih dari Kab/Kota se Provinsi Banten untuk mendapatkan materi dan menjadi agen perubahan mental di dunia digital berikutnya.