Melung : Meraih Mimpi di Kaki Gunung

Berawal dari permintaan Sekretaris Desa Melung, Timbul Yulianto, untuk membuat sebuah video profil desa, saya kemudian merancang sebuah konsep video desa yang bercerita apik, dilengkapi data dan ragam sudut pandang. Mengapa demikian? karena selama ini setahu saya, video profil desa selalu mengedepankan “sambutan” Kades, cerita perangkat desa dan hal-hal yang sifatnya “pemerintahan”, sangat jarang yang dibuat dari beragam sudut pandang.

Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki wilayah dan kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingannya sendiri. Jadi bukan hanya unsur pemerintahan, seharusnya video profil desa itu berisi opini dan data dari sudut pandang warga.

Alhamdulillah proses perekaman video Desa Melung ini berjalan lancar selama bulan Februari-Maret 2020. Scene terakhir, kami merekam kegiatan kesenian gamelan di Aula Desa Melung, pada tangal 14 Maret 2020, sehari sebelum Presiden Jokowi mengumumkan keadaan darurat bencana pandemi Covid-19. Perekaman melibatkan beberapa narasumber, tokoh masyarakat, mantan kepala desa, kepala desa, perangkat desa, bidan, guru, petani, pengrajin, pengurus BUMDes, pengujung wisata desa dll.

Editing dilakukan di studio OXO Media, di Purbalingga. Selama sekitar 2 bulan, proses penyuntingan berlangsung cukup alot. Ada banyak hal yang ingin ditampilkan, tetapi keterbatasan durasi menjadi soal. Karena itu, awalnya project video profil Desa Melung ini akan dibuat video maksimal 10 menit, tetapi hasil editing berdurasi 30 menit. Video kemudian dibagi dalam tiga segmen, masing-masing sekitar 10 menit, diunggah di YouTube pertama kali tanggal 13 Mei 2020.

Diberi judul “Melung : Meraih Mimpi di Kaki Gunung”, dengan harapan, video ini dapat menginspirasi warga desa di mana pun berada, untuk dapat menjaga semangat mereka membangun desanya, tanpa harus minder dengan keadaan lokasi geografis. Di mana pun, kita dapat meraih mimpi dan mewujudkan harapan-harapan.

Untuk melihat video selengkapnya, dapat dilihat di sini. Semoga bermanfaat.