Kelas Pewarta Desa di Festival Nipah, Ujungmanik

Dalam rangkaian Festival Nipah, di Desa Ujungmanik, Kab. Cilacap, saya dipercaya mengisi salah satu kelas, yakni kelas pewarta desa. Festival Nipah sendiri berlangsung pada 6-7 Juni 2015. Berlokasi di komplek Balai Desa Ujungmanik. Kelas workshop pewarta desa dilaksanakan di salah satu ruang kelas, SDN Ujungmanik.

Hadir puluhan peserta yang hampir semuanya adalah warga desa, beberapa orang perangkat desa, guru, pemuda desa dan perwakilan UMKM. Saya berbagi cerita seputar pemanfaatan media digital seperti website dan media sosial untuk publikasi desa. Apa yang dipublikasikan? tentu saja warta desa, informasi yang bermanfaat untuk warga desa, agar potensinya dapat terekspose, serta aspirasi warga desa, agar dapat dibaca dan didengar oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Tidak ada teori 5W+1H. Saya hanya mengajak peserta untuk menceritakan isu menarik di lingkungan terdekat mereka masing-masing. Karena sinyal tidak terlalu mumpuni, beberapa peserta bisa memposting warta desa di website dan media sosial, tapi beberapa lainnya tidak kebagian bandwidth, jadi hanya bisa disimpan di aplikasi pengolah kata.