Harlah GDM Pertama : Rembug Desa di Melung

Peringatan hari lahir (harlah) Gerakan Desa Membangun pertama dilaksanakan di Desa Melung, Kec. Kedungbanteng Kab Banyumas Jawa Tengah, di mana lokasi gagasan tentang gerakan ini dimunculkan pertama kali.

Peringatan digelar secara sederhana dengan tajuk Rembug Desa. Di Melung sendiri, memang sedang ada agenda “Ruwat Desa”. Sebuah agenda kebudayaan rakyat mensyukuri kesuburan dan kelestarian alam sekitarnya.

Pada rangkaian acara rembug desa, diisi dengan sarasehan. Pembahasan tentang bagaimana desa ke depan akan menjadi bagian penting dari pembangunan Negara. Sosiolog UI, Prof Imam Prasodjo hadir bersama dengan Budiman Sudjatmiko, Anggota DPR RI yang juga dikenal sebagai Wakil Ketua Pansus RUU Desa.

Selain sarasehan, juga dilaksanakan seminar dan workshop teknis pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bersama para penggiat GDM yang ahli TIK, dari lembaga Infest Yogyakarta dan Relawan TIK. Hadir pula perwakilan Kementerian Kominfo RI, yang juga melantik secara simbolik beberapa orang penggiat GDM dari berbagai Kabupaten yang hadir saat itu. Seperti dari Majalengka, Ciamis (Jawa Barat).

Sebagai bagian dari Relawan TIK Indonesia, saya turut bangga menjadi bagian dari harlah GDM pertama dan melihat kehadiran para penggiat GDM dari berbagai daerah lain, segala lelah persiapan acara dan pasca acara rasanya terbayar juga.