Hackathon Merdeka! #2 Banyumas

Melanjutkan Hackathon Merdeka #1 tahun sebelumnya, tahun ini digelar kembali event “hacking marathon” Merdeka, jilid kedua. Berbeda dengan tahun pertama, tahun kedua ini teman-teman penggiat, praktisi dan mahasiswa bidang IT di Banyumas, sepakat untuk menggelar Hackathon MDK! 2015 di ST3 Telkom Purwokerto. Tahun pertama, 2014, Banyumas tidak ikut serta dalam gelaran hackathon MDK!.

Tema utama dari Hackathon MDK! #2 tahun 2015 adalah masalah kependudukan. Ada puluhan kelompok yang mendaftar untuk mengikuti hackathon ini. Saya sendiri berperan sebagai salah satu perintis acara bersama teman-teman Gedhe Foundation, Banyumas Creative Center, dan komunitas lainnya. Sedangkan tim teknis lapangan, dikerjakan sepenuhnya oleh teman-teman mahasiswa ST3 Telkom Purwokerto.

Hackathon akan digelar selama 2 hari. Mulai dari proses pengumpulan gagasan, pendampingan oleh mentor, hingga pengembangan aplikasi. Bagi yang belum tahu, Hackathon adalah kompetisi di mana beberapa tim melakukan analisis masalah dan kemudian membuat solusi dengan mengembangkan aplikasi tertentu (web, mobile, desktop dll.) yang batas waktunya disepakati, misalnya selama 24, 48, 72 jam atau waktu tertentu lainnya.

Juri berasal dari perwakilan akademisi, praktisi dan pemerintah. Acara ini didukung oleh ST3 Telkom Purwokerto, Bappedalitbang Banyumas, PANDI dan beberapa sponsor. Tiga pemenang utama dari Banyumas, akan diundang ke Jakarta oleh Panitia Hackathon MDK! #2 dan dijadwalkan untuk melakukan pitching (presentasi) di depan lembaga Pemerintah atau pihak lain yang berkepentingan.

Selamat untuk para peserta, dan terima kasih untuk seluruh pihak yang mendukung Hackathon MDK! #2 di Banyumas ini. Semoga bermanfaat.