Bener ngga sih Fococlipping “better than” Remove.bg?

Buat saya -dan mungkin Anda, yang sering butuh ilustrasi berupa gambar format .PNG transparan, situs web remove.bg sangat sering menjadi andalan ketika cropping background sebuah foto.

Tapi, sekarang saya menemukan situs web yang menurut saya lebih baik dari remove.bg, yakni Fococlipping.com

Fococlipping secara dasar memang menawarkan fasilitas penghapusan background foto otomatis menggunakan teknologi AI. Kerennya, hasil gambar yang dihapus background ukuran filenya tidak dibatasi seperti di remove.bg melainkan tetap sesuai ukuran aslinya.

Selain itu, kita juga dapat menghapus background tidak hanya satu foto, tetapi bisa massal (bulk) hingga 30 foto sekaligus. Cocok sekali untuk remove background foto anak satu kelas di SD misalnya 🙂

Hal lain yang membuat Fococlipping lebih baik adalah fitur-fitur tambahan seperti cropping, menambahkan outlet, mengatur bayangan, auto filter, zoom in/out, hingga remove background video. Keren kan?

Update April 2022

Ternyata, setelah dipuji-puji, fococlipping saat ini sepertinya tidak sebagus versi sebelumnya. Bulan ini, ketika saya menggunakan fococlipping untuk menghapus background maupun bulk remove, hasil image yang dihapus diberi opsi full size atau standar size. Di mana untuk full size, harus mendaftar dan membayar sejumlah tarif, sedangkan yang free hanya dapat mengunduh ukuran standar, yang mana lebih kecil dari ukuran aslinya tentu saja.

Tapi, lagi-lagi secara umum memang fococlipping masih bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan remove.bg