Di Balik Pilkades Antar Waktu Kedungbanteng, Banyumas

KEDUNGBANTENG – Tahun ini, ada delapan desa di Kabupaten Banyumas yang dijadwalkan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) untuk masa jabatan 2022-2025.

Tidak seperti Pilkades umumnya yang digelar dengan cara pemilihan langsung diikuti seluruh warga yang memiliki hak pilih, Pilkades Antar waktu ini diselenggarakan dalam Musyarah Desa Khusus, Pilkades Antar Waktu yang diikuti oleh perwakilan warga, yakni para pengurus RT, RW dan tokoh masyarakat. Desa pertama yang menggelar Musdes PAW ini adalah Desa Kedungbanteng, di Kecamatan Kedungbanteng.

Setelah melalui proses panjang sejak Januari 2022, akhirnya PAW digelar pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 di Gedung Serbaguna Desa Kedungbanteng. Diikuti tiga orang calon kepala desa antar waktu,  dihadiri 45 orang pemilik hak suara, para Ketua RT, RW, tokoh masyarakat (tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh perempuan dan pemuda).

Penghitungan suara Pilkades Antar Waktu Kedungbanteng Banyumas

Alhamdulillah, seluruh acara berjalan lancar, damai dan sejuk. Tidak ada masalah sama sekali, mulai dari pembukaan Musdes, pembacaan doa, laporan ketua panitia, sambutan Ketua BPD bahkan sambutan khusus dari Bupati Banyumas yang ternyata hadir, meskipun tidak dijadwalkan sebelumnya.

Setelah proses pembukaan, anggota Musdes bermufakat untuk melakukan pemungutan suara untuk menentukan Kepala Desa Antar Waktu, panitia kemudian menyiapkan surat suara dan peralatan pendukung lainnya. Satu per satu dari 45 orang peserta Musdes yang hadir memberikan suaranya. Acara kemudian dilanjutkan penghitungan suara, tidak ada masalah juga pada proses ini.

Diapresiasi Bupati Banyumas, Achmad Husein

Satu hal yang membuat saya merasa perlu menuliskan ini proses ini adalah, bahwa Musdes PAW ini adalah yang pertama di Kabupaten Banyumas. Alhamdulillah semua prosesnya lancar, damai dan sangat sejuk. Semoga hal serupa terjadi di desa-desa lainnya yang akan menyelenggarakan “hajatan” serupa.

Hal lain yang membuat saya juga bersyukur bahagia adalah karena pada proses Musdes PAW Desa Kedungbanteng ini, saya dapat kepercayaan untuk membantu dokumentasi dan live streaming. Saya dibantu beberapa kawan yang memang profesional dalam hal dokumentasi serta online live streaming, semua tim bekerja dengan sangat baik. Alhamdulillah. Terima kasih untuk semua.