Di Balik Aplikasi “Brimas”

Sebentar lagi, masyarakat Banyumas khususnya dan seluruh mitra BUMDesa Bersama Brayan Bumi Banyumas akan mendapatkan layanan baru berupa aplikasi mobile multifungsi bernama “Brimas”.

Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan transaksi digital masyarakat desa mulai dari payment point online bank (PPOB) maupun pembelian di toko-toko online jejaring BUMDes Bersama Brayan Bumi Banyumas. Brimas sendiri merupakan brand aplikasi mobile pertama yang dikembangkan PT Brayan Bumi Banyumas bekerja sama dengan PT Cazh Teknologi Inovasi.

Awalnya

Pembicaraan awal terkait wacana ini muncul akhir Januari, pada pertemuan semi formal saya dengan Pak Heri Siswoyo, Direktur PT Brayan Bumi Banyumas di kantor Puskomedia, kawasan Teluk, Purwokerto Selatan.

Obrolan pertama, 19 Januari 2022

Diskusi yang lebih mirip “juguran” itu membahas beberapa kebutuhan pengembangan layanan perusahaan juga integrasi unit-unit bisnis PT Brayan Bumi Banyumas sekaligus keperluan merilis sebuah jenama baru yang lebih mudah diingat oleh publik, yaitu “Brimas”.

Jadi kalo ada yang tanya, Brimas itu apa? jawabannya mudah, Brimas itu ya akronim dari Brayan Bumi Banyumas. Gitu 🙂

Pertemuan kedua, saya mengajak mas Arif dan mas Hari, CEO dan COO PT Cazh Teknologi Inovasi untuk berdiskusi langsung dengan pak Heri dan manajemen Brimas di kantornya, di Desa Wlaharwetan, Kec. Kalibagor, Banyumas.

Diskusi manajemen CAZH dan Brimas, 20 Januari 2022

Pada pertemuan itu juga dibahas opsi integrasi sistem corebanking yang selama ini digunakan oleh unit usaha BKD Banyumas dengan platform CAZH baik menggunakan API maupun migrasi sistem secara penuh. Kebetulan, mas Arif sejak awal memang membangun CAZH Corebanking system yang juga sudah digunakan oleh puluhan unit Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Banyumas dan Pekalongan, Jawa Tengah serta Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Pertemuan ketiga, saya bersama pak Heri dilakukan beberapa pekan setelah pertemuan pertama. Kali ini, fokus pembicaraan sudah mengarah pada strategi teknis bagaimana memulai mewujudkan wacana yang selama ini sudah ada, tetapi belum terealisasi. Yakni pengembangan mobile apps yang multiguna, bisa mendukung manajemen perusahaan tapi juga bisa melayani anggota dan pelanggan dengan lebih baik.

Obrolan ketiga, 7 Februari 2022

Hingga kemudian disepakati untuk melakukan serangkaian pertemuan perkenalan aplikasi CARDS-Kartu Digital yang saya kembangkan bersama CAZH sejak 2021, terhubung dengan CAZH POS dan CAZH Dashboard. Dengan perkenalan platform CAZH ini, diharapkan internal Brimas sendiri akan lebih siap jika di kemudian hari mereka menggunakan platform CAZH dan memiliki mobile apps sendiri.

Perkenalan dan FGD

Setidaknya ada tiga kali pertemuan formal di kantor Brimas untuk perkenalan aplikasi dan platform CAZH yang selama ini digunakan lebih banyak untuk lembaga pendidikan, sekolah dan pesantren.

FGD perkenalan platform CAZH, 5 Maret 2022

Antusiasme dari manajemen dan staf di kantor Brimas sendiri sangat baik. Mereka termasuk early addopter yang baik. Pemahaman pada alur pengelolaan aplikasi berbasis web dan mobile juga baik, sehingga yang terjadi pada saat FGD adalah diskusi-diskusi fitur yang dibutuhkan jika kelak aplikasi mobile Brimas diluncurkan.

Tak hanya satu aplikasi

Rencananya, setelah Brimas, juga akan diluncurkan BRIMAStore, aplikasi mobile manajemen bisnis unit usaha BUMDesa, mulai dari kasir hingga manajemen dengan fitur-fitur yang terintegrasi, serba online, sehingga laporan perkembangan bisnis BUMDesa terpantau setiap saat oleh semua stakeholders.

Semoga bermanfaat terutama untuk jejaring BUMDes Bersama Banyumas dan untuk warga desa pada umumnya, aamiin..