CAZH x BUMDesa Aji Mandiri : Digitalisasi Dimulai Saat Ini

DERMAJI – Sejumlah pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Aji Mandiri Desa Dermaji mengikuti pelatihan manajemen BUMDesa pada hari Selasa, 23 November 2021. Acara ini diselenggarakan oleh Pemdes Dermaji di Aula Dharmokusumo dihadiri Kepala Desa, Pendamping Desa, sejumlah perangkat desa dan tim narasumber dari PT Cazh Teknologi Inovasi.

“BUMDes Aji Mandiri diharapkan dapat berperan dalam berbagai upaya peningkatan ekonomi desa dan kesejahteraan warga secara umum. Tahun ini penyertaan modal sekitar Rp 150 juta, digunakan untuk investasi pada sektor wisata. Sektor lain yakni simpan pinjam, air bersih, dan ternak juga diharapkan dapat berkembang di tahun-tahun mendatang, dan saya sangat optimis melihat komitmen dari para pengurus BUMDes ini” ujar Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji ketika membuka pelatihan.

Selain Kades, sambutan juga disampaikan oleh Pendamping Desa Kecamatan Lumbir. Pendamping desa mengucapkan selamat kepada para pengurus BUMDes dan menyampaikan informasi bahwa di Kecamatan Lumbir, baru Desa Dermaji yang mendaftarkan BUMDes sebagai badan usaha ke Kementerian Hukum dan HAM RI.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi sistem manajemen BUMDes Aji Mandiri berbasis layanan teknologi digital oleh Tim Cazh Teknologi Inovasi. Dimulai dari perkenalan sistem membership online, billing system dan aplikasi CARDS kartu digital, untuk unit usaha Tirta Aji Mandiri. Penjelasan sistem ini disampaikan oleh Supriyanto.

Sesi berikutnya dijelaskan tentang sistem manajemen layanan simpan pinjam, dengan Cazh Corebanking system oleh Muh Arif Mahfudin, CEO CAZH. Di sela penjelasan, tanya jawab dan diskusi juga dilakukan interaktif oleh para pengurus BUMDes.

Di akhir acara, pengawas BUMDes juga sempat mengonfirmasi peran pengawasan apakah sudah ada pada sistem ini, yang kemudian dijelaskan fitur auditor pada Corebanking system serta user role superadmin pada sistem billing dan membership.

Direktur BUMDes Aji Mandiri, Wasito, S.Pd, menyambut baik seluruh pemaran sistem ini. Rencananya para pengurus intin BUMDes dan unit usaha Arta Aji Mandiri serta Tirta Aji Mandiri akan melakukan workshop langsung di Kantor CAZH pada awal Desember 2021.