Bursa Inovasi Desa 2019, di Kecamatan Sidareja

Hari ini saya memenuhi undangan Panitia Bursa Inovasi Desa (BID) tahun 2019 Kecamatan Sidareja. Acara ini diselenggarakan di Gedung PGRI Sidareja. Dibuka secara resmi sekitar pukul 10.00 WIB oleh Bupati Cilacap yang diwakili Camat Sidareja, dihadiri juga oleh beberapa pejabat daerah, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kab. Cilacap serta para Kepala dan perangkat desa se-Kecamatan Sidareja.

Sesi pertama Bursa Inovasi Desa Sidareja diisi dengan diskusi seputar kebijakan pembangunan desa bersama tenaga ahli Pendaming Desa Kab. Cilacap. Selain itu juga peserta diajak untuk menonton film dokumenter pembangunan desa selama beberapa tahun terakhir di Kec. Sidareja.

Sesi berikutnya, masuk pada sesi workshop pemanfaatan dana desa. Pada sesi ini menampilkan narasumber Margino, Perangkat Desa Melung, Kab. Banyumas, yang bercerita seputar pemanfaatan dana desa untuk pengembangan wisata desa “Pagubugan”. Saya, berperan sebagai moderator pada sesi ini. Terjadi diskusi yang sangat hangat antara peserta dengan kang Gino sebagai narasumber. Alhamdulillah semua rangkaian acara berjalan lancar.

Selain acara berupa diskusi dan workshop, Bursa Inovasi Desa juga menampilkan produk-produk unggul desa, kerajinan tangan. Ada yang menarik dari hasil karya desa-desa di Sidareja, yakni kerajinan bonsai kelapa. Acara ditutup sekitar pukul 14.00 WIB, saya kembali ke Banyumas bersama dengan kang Gino dkk.