Di Balik Peringatan 10 Tahun Desa Membangun

Tak terasa, sudah sepuluh tahun Gerakan Desa Membangun digagas dan terus berkegiatan. Dalam rangka peringatan 10 Tahun Desa membangun, saya diberi amanah untuk membuat semacam video kaleidoskop berisi rangkuman perjalanan gerakan ini.

Peringatan 10 tahun GDM sendiri dilaksanakan di Desa Sokawera, Kec. Padamara, Kab. Purbalingga Jawa Tengah. Acara digelar oleh BUMDes Mutiara Soka sebagai tuan rumah bersama Pemdes Sokawera.

Selain dihadiri oleh para penggiat GDM dari Kab Banyumas dan Purbalingga, juga hadir beberapa tamu dari Kab Cilacap serta narasumber diskusi, Mas Joko Winarto – Pengurus BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok, Klaten.

Mas Jokowin dari Ponggok, Klaten berbagi cerita tentang BUMDes
Mas Jokowin dari Ponggok, Klaten berbagi cerita tentang BUMDes

Acara diisi dengan syukuran dan do’a. Dilanjutkan pemotongan “tumpeng” oleh sesepuh GDM, Agung Budi Satrio yang juga memberikan sambutan berupa wejangan yang sangat memotivasi para penggiat GDM untuk lebih aktif dan kreatif membangun desanya masing-masing, juga mengajak agar GDM memiliki unit usaha sendiri.

Setelah itu acara dilanjutkan diskusi bersama Kades Sokawera, Kades Dermaji dan mas Jokowin. Saya bertindak sebagai moderator pada diskusi tersebut. Alhamdulillah banyak sekali hal baru dan inspirasi yang didapat dari sesi diskusi seputar BUMDes bersama para narasumber hebat itu.

Acara berakhir sekitar pukul 13.00 WIB, dilengkapi dengan foto bersama di depan aula balai desa Sokawera. Alhamdulillah, saya, istri dan Eza kemudian melanjutkan silaturahmi ke rumah sahabat lama kami, Chusnul Khotimah yang baru dikaruniai momongan, sebelum kemudian pulang kembali ke Purwokerto.